LEMON CURD TART



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah udah memasuki bulan Agustus ya, masya Allah waktu cepat sekali berlalu, gak kerasa udah Agustus aja. Naah kalau postingan saya di awal Agustus ini jelas bukan bikinan bulan ini tapi bulan lalu donk hihihi...banggaaa. Udah lama banget pengen nge-lemon curd karena saya pengen bikin lemon curd tart atau pie lemon curd. Akhirnya diniatin laah beli lemon spesial untuk bikin lemon curd ini. Eh yaa udah pada tau kan lemon curd? Dulu saya juga sudah pernah posting kok tentang si lemon curd ini.

Lemon curd ini sering disebut juga sebagai custard atau vla lemon. Teksturnya memang mirip, tetapi sebenarnya sangat berbeda bahannya. Vla biasanya dibuat menggunakan susu atau krim sedangkan lemon curd ini memakai jus lemon atau air lemon sebagai bahan utamanya. Lemon curd ini kalau saya bilang multi fungsi ya, enak untuk olesan roti atau bisa juga untuk isian pie, sus atau olesan cake. Rasanya manis asam, tapi lebih dominan rasa asamnya. Sebenarnya tergantung juga dengan takaran gula yang dipakai sih ya. Kalau saya suka yang dominan asamnya, karena seger bangeet. Seperti halnya vla, lemon curd ini tidak tahan lama, beda ya dengan selai. Apabila disimpan di kulkas, maksimal 7 hari saja ya.

Kembali ke lemon curd tart. Untuk bahan kulitnya bisa menggunakan resep mana aja yang sesuai dengan selera. Kalau saya lebih suka resep kulit yang tidak menggunakan telur karena menurut saya lebih renyah. Tapi kulit pie yang menggunakan telur juga enak kok, perlu dicobain keduanya deh biar tau bedanya hehehe. Selain resep kulit pie biasa, saya juga favorit banget memakai resep French Tart Dough-nya David Lebovitz. Hayoo resep yang mana tuh? Sebenarnya sudah pernah saya posting juga kok, tapi udah lamaa hihihi. Resep pie mas David ini unik karena adonannya dimasak seperti halnya kita membuat kulit sus. Hasilnya juga oke lho, kokoh dan tetap renyah. Trus pakai resep yang mana kita? Bisa pakai resep mana aja, kalau saya sih tergantung mood euy. Saya tuliskan aja keduanya ya, mumpung lagi ada waktu duduk manis di depan laptop.




CRUST TART / PIE


  • French Tart Dough - David Lebovitz

Bahan :
160 gr butter / margarin
2 sdm olive oil / minyak sayur
sejumput garam
6 sdm air
300 gr tepung terigu serbaguna

Cara Membuat  :
1. Campurkan butter / margarin, garam, minyak dan air. Masak hingga butter leleh dan meletup-letup, matikan api.


2. Masukkan tepung terigu, aduk cepat memakai sendok kayu hingga rata dan adonan kalis. Adonan siap dicetak.
  • Crust Tart

Bahan  :
250 gr tepung terigu serbaguna
150 gr margarin
1 sdm gula pasir halus
5-6 sdm air es

Cara Membuat  :
1. Campur tepung terigu, margarin dan gula pasir halus. Aduk memakai pisau pastry atau bisa juga memakai 2 buah garpu hingga berbulir-bulir.
2. Tambahkan air es sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dipulung. Hentikan penambahan air bila adonan sudah kalis atau tambahkan air bila tekstur adonan dirasa masih kering.
3. Siap digunakan

Penyelesaian :
1. Siapkan loyang pie, bisa ukuran kecil atau ukuran besar. Oles tipis dengan minyak sayur atau margarin. Cetak adonan
2. Apabila menggunakan cetakan kecil, dasar crust ditusuk-tusuk dengan garpu. Apabila menggunakan cetakan besar, letakkan kertas roti di dasar crust kemudian beri kacang-kacangan atau bisa juga beras. Hal ini bertujuan agar crust tidak menggelembung selama proses pemanggangan.
3. Panggang dengan suhu 170-180'C hingga coklat keemasan.
4. Angkat dan biarkan hangat baru dikeluarkan dari cetakan dan diisi dengan lemon curd. Simpan di kulkas, enak disajikan dingin.





Nah crust pie sudah jadi, sekarang tinggal resep lemon curd. Masih tetap sama dengan resep yang dulu, saya selalu memakai resep dari Joy of  Baking. Resepnya simpel, bahan-bahannya juga gak aneh-aneh hihihi.

LEMON CURD

Bahan :
3 butir telur
80 ml air perasan lemon
150 gr gula pasir
56 gr unsalted butter, potong dadu
1 sdm lemon zest (parutan kulit lemon)

Cara Membuat :
1. Panaskan air. Sisihkan.
2. Dalam sauce pan, campur telur dan gula, aduk menggunakan whisker hingga rata kemudian masukkan air lemon.
3. Letakkan sauce pan di atas panci yang berisi air tadi (double boiler), kecilkan api. Aduk terus menerus agar tidak ada yang menggumpal. Setelah 10 menit, tekstur lemon curd akan mengental.
4. Angkat dari panci, masukkan butter dan lemon zest. Aduk hingga butter leleh dan rata.
5. Biarkan uap panaskan hilang kemudian tutup dengan cling wrap. Setelah dingin bisa disimpan di kulkas.

Ini dia foto-foto lemon curd-nya. Saya suka banget dengan warna kuning terangnya ini ^^








Seperti yang saya tuliskan di atas, lemon curd tart saya ini gak pakai dipanggang lagi ya. Jadi lemon curd langsung saya oleskan di tart seperti halnya vla di fruit pie. Rasanya dominan asam tapi enaaak deh, syegeer, apalagi kalau disajikan dingin. Kalau kurang suka asam, takaran gula bisa ditambahi seusai selera.

Recomended untuk dicobain karena enaak deh.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »