CHOCOLATE MUD CUP CAKES (LAFEMPAT 6TH ANNIVERSARY)


Buat choco lovers, sepertinya cup cakes ini layak untuk dicoba. Cup cake coklat yang lembut dipadukan dengan ganache yang enak...hmmm...heavenly. Sebenarnya chocolate mud cup cakes ini cocok dipadukan dengan topping apa saja sesuai selera. Oke juga dijadikan base cup cake hias. Teksturnya yang lembut dan nyoklat pasti banyak disukai.

Sebenarnya lagi iseng aja bikin cup cakes, karena lagi pengen maem yang nyoklat-nyoklat. Karena chocolate mud cup cakes ini cukup mudah pembuatannya, jadi dibelain deh uprek sebentar di dapur. Biar tambah nyoklat tentu saja paduannya adalah ganache. Kalau mau pakai buttercream coklat juga tetap enak kok. Bahkan kalau yang lagi males bikin topping, langsung aja dinikmati dengan selai coklat tetap oke.
Resep chocolate mud cup cake ini aku dapatkan dari Mbak Dida saat ada acara silaturahmi LBT di Mojokerto beberapa waktu yang lalu. Thanks ya Mbak ^_^




CHOCOLATE MUD CUP CAKES

Bahan A:
125 gr butter / margarin
100 gr gula pasir
100 gr dark cooking chocolate
150 ml susu cair
2 kuning telur, kocok lepas

Bahan B :
150 gr tepung terigu serbaguna
10 gr maizena
25 gr coklat bubuk
1/2 sdt baking powder

Bahan C :
2 putih telur
50 gr gula pasir

Cara Membuat :
- Panaskan oven 180'C dan siapkan paper cup.
 - Campur dan lelehkan bahan A kecuali kuning telur.Setelah leleh, masukkan kuning telur, aduk rata menggunakan whisker.
 - Campur dan ayak bahan B kemudian masukkan ke bahan A. Aduk hingga rata.
 -  Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula pasir. Teruskan mengocok hingga soft peak.
 - Ambil 1/3 bagian adonan campuran A dan B, masukkan ke adonan putih telur, aduk rata dan masukkan kembali ke sisa adonan tepung. Aduk rata.
 - Tuang ke cup hingga 3/4 penuh dan panggang selama kurang lebih 20 menit hingga matang.
 - Angkat dan dinginkan.





Karena bikinnya tanpa persiapan sebelumnya, maka aku juga membuat ganache dadakan, yaitu ganache yang tidak diinapkan terlebih dahulu. Ganache yang dibuat dadakan ini syarat utamanya adalah menggunakan air es yang benar-benar dingin, sehingga ganache bisa tetap di spuit. Wadah untuk mengocok dan gagang mixer biasanya juga aku masukkan kulkas terlebih dahulu agar dingin heheheh. Berikut ini resep ganache yang kupakai ya.

 GANACHE DADAKAN

Bahan :
250 gr dark cooking chocolate, cincang
100 gr whipcream bubuk
200 ml air dingin (dingin bangeet)

Cara Membuat :
 - Lelehkan DCC
 -  Campur whipcream bubuk dan air dingin kemudian kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga kaku.
 - Tuang DCC leleh, mixer hingga tercampur rata.
 - Siap digunakan


Dari resep cup cakes di atas dapat dilihat bahwa pemakaian telurnya hanya 2 butir. Walau hanya memakai 2 butir telur, teksturnya tetap lembut dan tidak seret karena kuning dan putih telurnya sudah dipisah terlebih dahulu. Teksturnya tidak kalah dengan cup cakes yang memakai lebih banyak telur.






Chocolate Mud Cup Cakes ini dipersembahkan untuk Ulang Tahun ke-6 La Femme Patisserie. Semoga Lafempat semakin sukses dan senantiasa menjadi wadah yang berguna untuk pecinta kuliner. Cook and bake with heart ^_^




Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
Thursday, 4 July 2013 at 09:04:00 GMT+7 delete

wuih kelihatan sekali kao emang kue nya enak !
sip deh infonya makasih banget yup ^___^

Reply
avatar
Monday, 24 October 2016 at 18:45:00 GMT+7 delete

Sist, mau tanya. Cup cakes nya rasa nya enak pada saat dipanggang kue nya ngembang tapi kenapa pas dingin jadi kempes y?

Reply
avatar
Monday, 24 October 2016 at 20:39:00 GMT+7 delete

seharusnya tidak akan kempes, sepertinya ada yang salah dengan pengocokan telurnya, bisa karena putih telur dikocok terlalu lama. CMIIW

Reply
avatar