SOSIS SAUS JAMUR



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Suka bingung gak kalau menyiapkan menu sarapan setiap hari? Itu sering juga saya alami, padahal saya biasanya cari "wangsit" sejak semalam sebelumnya lho hihihi. Biasanya kalau lagi gak ada ide, saya langsung nanya ke anak-anak besok mau sarapan apa. Tapiiii...kadang jawaban mereka ya suka "ajaib" dan ngasal. Masa sarapan pengen pakai sup buntut atau sate hihihi. Pokoknya kalau untuk sarapan kan harus yang praktis dan cepat ya, apalagi kakak Naira tuh pagi banget berangkat sekolahnya karena ada tambahan pelajaran jam ke nol. Kalau udah gitu, dari semalam udah sibuk bongkarin stok harta karun di kulkas kan, kalau perlu bahan yang beku dithawing dari semalam. Kalau butuh bumbu marinasi juga bisa dikerjakan dari semalam, jadi paginya setelah subuh bisa langsung masak.

Salah satu menu yang bisa jadi alternatif adalah mengolah sosis. Biasanya anak-anak hoby kan makan sosis, seperti halnya anak saya juga gitu. Tapi saya gak akan menyajikan sosis yang digoreng gitu aja dengan nasi atau kentang, paling gak dipermak dikit laaah biar lebih kaya rasa. Contohnya adalah membuat sosis saus jamur berikut. Bikinnya anti ribet, tinggal dijodohkan dengan kentang goreng juga udah enak. Kalau lagi punya waktu berlebih, saya bisa bikin baked potato wedges. Kalau lagi keburu-buru, kentangnya saya bumbui seperti bikin potato wedges, diamkan sebentar dan digoreng sesaat sebelum jam sarapan. Bereees deh. Kalau lagi gak punya kentang? Sosis saus jamur ini enak juga kok disantap dengan nasi hangat.






SOSIS SAUS JAMUR

Bahan :
8 sosis (saya pakai sosis ayam), potong 4 dan kerat jangan sampai terputus
1/2 bawang bombay, iris tipis memanjang
3 bawang putih, memarkan dan cincang halus
7 butir jamur kancing, belah 3
2 sdm kacang polong (saya pakai yang kalengan, oke juga kalau pakai yang beku)
3 sdm kecap manis
2 sdm saus tiram
1 sdm kecap ikan
1-2 sdm saus sambal
1 sdm madu
1 sdm air lemon
1/2 sdt merica hitam butiran, uleg kasar
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
2 sdm minyak untuk menumis
wijen sangrai untuk taburan (optional)

Cara Membuat :
1. Rebus sosis hingga matang dan merekah. Angkat dan tiriskan
2. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu. Masukkan jamur dan kacang polong, aduk rata.
3. Masukkan kecap manis, kecap ikan, saus tiram, saus sambal, maduk dan air lemon. Aduk rata dan masak hingga mengental.
4. Bumbui garam, gula pasir dan merica hitam. Test rasa hingga sesuai selera.
5. Masukkan sosis, aduk perlahan hingga saus merata dan dan masak sebentar hingga meresap.
6. Angkat, taburi wijen sangrai dan siap dihidangkan.

Kalau suka berkuah, bisa ditambahkan sedikit air ya, nanti saus dan bumbu-bumbunya bisa disesuaikan agar rasanya pas. Gampang dan praktis kaaan.




Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »