BANANA CAKE - JOY OF BAKING



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Udah lama banget gak bikin banana cake...hmmm...padahal itu cake kesayangan ya. Akhirnya dibelain lho ngumpetin 3 pisang ambon biar bisa benar-benar matang, sampai kulitnya kehitaman gitu. Kalau gak diumpetin ya alamat ludes duluan pisangnya hihihi.

Resep banana cake sudah sering saya posting ya termasuk resep yang saya pakai kali ini. Resep yang ini adalah resep banana cake dari Joy of Baking. Dulu saya tertarik dengan resep ini karena pembuatannya yang berbeda dengan cara pembuatan banana cake pada umumnya. Joy of Baking menyebuatnya dengan metode 'quick method' atau 'one bowl'. Apabila metode ini bisa diterapkan dengan tepat, akan mengurangi struktur gluten sehingga cake yang dihasilkan akan terasa lumer atau bahasa kerennya 'melt on the mouth'. Cake akan terasa padat namun tetap moist. Banana cake yang dulu pernah saya buat dengan resep yang sama, pernah saya posting disini.

Resepnya saya ubah sedikit , yaitu sour cream saya ganti dengan buttermilk atau bisa juga menggunakan yogurt plain ya. Saya juga menggunakan gula pasir yang dimix dengan gula palem karena saya memang sukaa banget dengan aroma gula palem.






BANANA CAKE - JOY OF BAKING

Bahan :
3 buah pisang matang
80 ml buttermilk
2 butir telur ukuran besar
220 gr tepung terigu serbaguna
100 gr gula pasir
80 gr gula palem
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt kayu manis bubuk
140 gr butter suhu ruang (bisa pakai margarin)

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 170'C siapkan loyang, oles tipis margarin dan taburi sedikit terigu. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, baking powder dan soda kue. Sisihkan.
3. Dengan menggunakan blender atau food processor, haluskan pisang dan buttermilk hingga lembut. Tambahkan telur dan proses kembali hingga tercampur rata. Sisihkan.
4. Dalam suatu wadah, letakkan campuran terigu, gula pasir, gula palem dan kayu manis bubuk. Kocok mixer speed rendah hingga tercampur rata.
5. Masukkan butter, kocok kembali hingga rata.
6. Masukkan sebagian campuran pisang, kocok dengan speed rendah hingga tercampur rata kemudian naikkan speed mixer hingga speed tinggi selama 1,5 menit. Matikan mixer dan masukkan sisa campuran pisang. Kocok hingga rata.
7. Tuang ke dalam loyang dan oven hingga matang selama kurang lebih 40 menit.
8. Angkat dan dinginkan di atas cooling rack

Paling suka kalau makan banana cake anget-anget gini. Aromanya masya Allah....sedap banget.

Happy baking...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »