CILOK - CIRENG



Bismillah...
Halo....ada yang kangen dengan jajanan ini? Untuk generasi jadul seperti saya, jajanan ini selalu bikin kangen. Cilok alias aci dicolok dan cireng alias aci goreng. Kalau di tempat saya dikenal dengan nama pentol. Dulu waktu saya masih SD, biasa beli di depan sekolah dengan ditusuk pakai tusukan sate dan dicelupin ke rantang yang berisikan bumbu kacang. Bayangin aja itu bumbu kacang udah kena celupan berapa puluh tusuk hihihi. Biar begitu, jajanan ini selalu laris manis dan banyak penggemarnya, termasuk saya.

Sekarang juga masih banyak penjual cilok atau pentol di pinggir-pinggir jalan. Bedanya sekarang ini kalau kita beli, dibungkusin plastik dan bisa minta tusuk sate untuk menikmatinya. Lengkap juga dengan bumbu kacang, saus sambal dan kecap. Sssttt...kadang-kadang tergoda juga lho untuk beli yang di pinggir jalan itu hehehe, tapi harus mikir 100x deh kayanya. Nah..untuk obat kangen kita bikin sendiri aja yuk.

Kalau kita bikin cilok dan cireng di rumah, tentunya bisa jadi lebih istimewa. Cilok dan cirengnya bisa kita beri isian, misalnya keju, daging giling, ayam cincang, tuna atau bahkan telur puyuh. Tapi saya tetep suka yang polosan aja sih, selain karena ngirit kan juga pingin nostalgia hihihi. Jaman dulu mana ada cilok isi keju, ya kaan.






Resep ciloknya sebenarnya sama dengan yang dulu pernah saya posting disini. Di resep yang dulu saya pakai perbandingan terigu dan tapioka 1:1, tapi kali ini saya tambahkan lagi takaran tepung terigunya biar teksturnya lebih empuk. Kalau suka dengan cilok yang lebih kenyal bisa ditambah takaran tapiokanya ya Memang sih kalau yang namanya cilok itu pasti kenyal-kenyal alot gitu, tapi enak juga kok kalau dibikin lebih empuk. Untuk cirengnya saya juga gak bentuk macam-macam, sama aja dibuletin seperti cilok. Lebih oke kalau dibentuk model pastel gitu, ini sih karena pengen cepet selesai aja hehehe.

CILOK & CIRENG

Bahan :
225 tepung terigu serbaguna
175 gr tepung tapioka
2 batang daun bawang, iris halus
2 siung bawang putih, haluskan
2-3 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
400 ml air kaldu
minyak goreng secukupnya untuk menggoreng cireng

Pelengkap :
Bumbu kacang (saya pakai bumbu pecel yang diberi kecap)
atau saus sambal yang diencerkan dengan sedikit air

Cara Membuat :
1. Campur dan ayak tepung terigu dan tapioka. Masukkan daun bawang dan bawang putih, aduk hingga rata.
2. Didihkan air kaldu, bumbui garam dan gula pasir. Jangan takut keasinan ya, karena nanti setelah dicampurkan terigu, akan berkurang asinnya.
3. Tuang air kaldu sedikit demi sedikit ke campuran tepung sambil diaduk menggunakan sendok kayu. Uleni hingga kalis. Hentikan penambahan air kaldu bila dirasa adonan sudah kalis dan bisa dipulung atau tambahkan bila dirasa adonan masih kering. 
4. Didihkan air, bulat-bulatkan adonan dan rebus dalam mendidih hingga mengapung. Biarkan agak lama dalam keadaan mengapung kemudian angkat dan tiriskan.
5. Bila ingin membuat cireng, setelah direbus, goreng dalam minyak yang sudah panas hingga kecoklatan/
6. Sajikan hangat dengan pelengkap.

Notes :
Cireng dan cilok paling enak disajikan dalam keadaan hangat. Apabila cilok sudah dingin, bisa dikukus dulu sebentar baru kemudian disajikan bersama pelengkap.




Alhamdulillah...benar-benar jadi obat kangen jajanan masa kecil dulu. Hayoo...yang belum pernah makan cilok, bisa dicoba bikin sendiri di rumah. Tapi...jangan ngarepin rasanya mirip bakso terkenal yang enak banget ya. Namanya juga cilok, pasti beda donk dengan bakso. Kalau pingin yang enak, mending bikin bakso aja sekalian. Biarpun cilok...tapi tetep aja ngangenin ^^

Selamat mencoba 

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Wednesday, 27 May 2015 at 17:24:00 GMT+7 delete

www.detexsi.com/2014/12/resep-cara-membuat-cilok.html

Reply
avatar