BOLA NASI KEJU



Bismillah...
Biasanya ketika ada sisa nasi di rumah, paling sering diolah jadi nasi goreng untuk sarapan ya. Selain praktis, nasi goreng juga disukai seluruh keluargaku. Mau judulnya nasi goreng jawa, nasi goreng kampung, nasi goreng teri, nasi goreng seafood atau bahkan cuma nasi goreng dan telur kocok, teteep aja favorit. Tapi kadang, aku sendiri yang bosen dengan aroma-aroma nasi goreng, jadi kalau pas ada sisa nasi dan akunya lagi rajin, aku biasa mengolahnya jadi bola nasi. Ada juga yang menyebutnya bitterbalen nasi atau yang lebih keren ya arancini yang dari Italia itu hihihi. Bikinnya gampang juga sih, cuma memang butuh effort yang lebih banyak dibanding bikin nasi goreng kan.

Bola nasi yang kubuat kali ini minimalis banget. Biasanya kan pasti ada irisan wortel atau bahkan jamur, tapi karena di kulkas cuma ada sawi ama tauge, gak jadi deh aku kasih sayur. Belum bisa bayangin aja bola nasi dicampur sawi dan tauge hehehe. Sesuai dengan namanya, adonan nasinya aku beri keju cheddar parut dan untuk isiannya memakai mozzarella. Aku tambahkan juga ayam cincang sebagai pelengkap di adonannya. Bikin yuuk....gampang kok..

BOLA NASI KEJU

Bahan :
300 gr nasi (1 piring)
100 gr ayam cincang
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
200 ml air kaldu (kalau gak ada pakai air biasa aja)
75 gr keju cheddar parut (atau sesuai selera aja)
garam, gula pasir dan merica bubuk sesuai selera
keju mozzarella atau quick melt potong dadu secukupnya untuk isisan 
2 sdm minyak untuk menumis

Bahan Pelapis :
3 butir telur kocok lepas (bisa juga pakai stok putih telur ya)
tepung panir secukupnya

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu. Masukkan ayam cincang, aduk rata hingga berubah warna.
2. Masukkan nasi dan keju cheddar parut. Aduk rata.
3. Tuang air kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata kemudian bumbui dengan garam, gula pasir dan merica. Hati-hati memberi garam ya, kalau pakai keju yang banyak, garamnya menyesuaikan agar tidak keasinan. Test rasa.
4. Masak hingga kaldu meresap. Matikan api dan biarkan hangat.
5. Pulung adonan, pipihkan dan beri isian keju mozzarella kemudian bulatkan. Lakukan hingga habis.
6. Celupkan bola nasi ke kocokan telur kemudian gulingkan ke tepung panir. Ulangi sekali lagi agar hasil panir lebih tebal dan cantik. Lakukan hingga habis. 
7. Masukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 1 jam agar panir menempel.
8. Panaskan minyak, goreng bola nasi hingga keemasan. Angkat dan tiriskan.
9. Sajikan dengan saus sambal favorit atau mayo.

Alternatif lain, ayam cincang tidak dicampurkan nasi tetapi dijadikan isian bersama keju. Atau kalau mau diisi dengan ragout juga enak. Kalau aku seperti biasa pilih yang praktis dan cepat aja, jadinya diisi mozzarella. Enak banget dinikmati hangat, ketika si mozza ini masih terasa lelehannya. Sebenarnya pakai keju quick melt bisa lebih enak rasanya lho, cuma memang tidak ada sensasi meleleh seperti si mozza ini. Silahkan disesuaikan dengan selera keluarga ya.




Bola nasi keju ini, enak juga disajikan untuk sarapan atau bekal anak ya. Kita bisa membuat malam hari dan keesokan harinya tinggal goreng aja. Selamat mencoba.
Happy Cooking ^_^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »