LASAGNA



Cihuuy...it's time for homemade lasagna. Udah pernah makan lasagna kan? Biasanya lasagna bisa kita jumpai dengan mudah di salah satu resto waralaba terkenal. Disajikan di pinggan tahan panas fresh from the oven. Hmm...enaak deh.

Lasagna merupakan salah satu hidangan Italia yang sudah cukup terkenal. Bahan dasarnya berupa pasta tipis berbentuk lembaran untuk kemudian disajikan berlapis-lapis dengan isian saus daging diantara lapisan tersebut. Sebagai penutup lapisan terakhir diberikan saus bechamel atau saus putih yang berlimpah keju. Untuk penggemar pasta bisa dicoba membuat lasagna sendiri di rumah. Kita bisa berkreasi dengan isiannya dan tentunya bisa lebih puas menikmatinya. Pasta lasagna bisa kita jumpai di supermarket besar dan biasanya sudah ready to bake yang berarti kita bisa langsung menyusunnya tanpa merebusnya terlebih dahulu. Kalau aku sih lebih sreg merebusnya sebentar hingga al dente sehingga lembaran lasagna-nya akan lebih lembut. Naaah...ini nih lembaran lasagna yang kupakai..






Resep lasagna ini diadaptasi dari Sedap dan sudah disesuaikan lagi menurut kebutuhan dan bahan-bahan yang kupunya ya.

LASAGNA

Bahan :
200 gr pasta lasagna
1 liter air
1/2 sdt garam
1 sdm minyak goreng 
(didihkan air bersama garam dan minyak goreng, rebus lasagna hingga al dente)

Bahan Saus Daging :
200 gr daging giling
1 bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
4 sdm pasta tomat
2 sdm saus tomat
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
400 ml air (bisa juga pakai kaldu)
1/2 sdt merica bubuk
1-2 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
1/2 sdt garam
1 sdt oregano
2 sdm minyak untuk menumis

Bahan Saus Putih (Bechamel) :
1/2 bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
25 gr margarin
25 gr tepung terigu serbaguna
500 ml susu cair
1/4 sdt merica
50 gr keju cheddar parut 

Topping :
keju mozarella secukupnya

Cara Membuat Saus Daging :
- Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
- Masukkan daging giling, aduk hingga berubah warna.
- Masukkan pasta tomat dan saus tomat, bumbui dengan merica, garam dan gula. Aduk rata.
- Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk dan dimasak hingga mendidih.
- Tuang larutan maizena sedikit demi sedikit, masak hingga mengental.
- Menjelang diangkat, masukkan oregano. Aduk rata.
- Angkat dan sisihkan.

Cara Membuat Saus Putih :
- Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
- Masukkan tepung terigu, aduk hingga berbulir-bulir.
- Tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga licin, bumbui dengan merica.
- Masukkan keju parut dan masak hingga mengental dan meletup-letup.
- Angkat dan sisihkan.

Penyelesaian :
- Siapkan pinggan tahan panas (bisa juga pakai alufoil cup), oles dengan margarin.
- Ambil  pasta lasagna letakkan di pinggan hingga menutup dasarnya, tuang  saus daging secukupnya, tutup dengan pasta lasagna lainnya, tuang kembali saus daging. Lakukan hingga beberapa lapis.
- Pada bagian atas, tutup dengan pasta lasagna, tuang saus putih dan ratakan. 
- Taburi dengan keju mozarella parut.
- Panggang dengan suhu 170'C selama kurang lebih 25 menit.
- Angkat dan sajikan hangat.




Wuiih...lihat tuh lelehan keju mozarella-nya, itu yang bikin enaak. Kalau gak ada bisa diganti dengan keju quick melt ya. Lasagna paling enak disajikan hangat-hangat. Kalaupun sudah dingin, tinggal dipanaskan sebentar saja di microwave atau dioven bentar ya. Yummy...

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »