Recent Posts

MISOA KUAH



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Hujan-hujan gini pasti enaknya makan yang anget-anget kan ya. Bakso, mie ayam, mie kuah, mie pangsit, sup atau bahkan gorengan anget hihihi. Salah satu alternatif yang bisa dibuat adalah misoa kuah ini. Kalau dulu saya pernah posting misoa kuah kari , nah yang ini bumbunya lebih "light" dan simpel. Biar lebih enak bisa ditambahkan pelengkap sesuai selera. Kebetula saya punya udang dan bakso sapi, ya wiiiis pakai itu aja.

Biar rasanya lebih "nendang" saya suka masukin cabe rawit dan ditambah perasan jeruk nipis. Untuk misoa saya kurang suka menambahkan saus sambal atau kecap, lebih suka dikasih rawit kaya gini aja. Monggo sesuai selera aja yaa. Untuk kuahnya gunakan kuah kaldu, kebetulan saya punya stok kaldu sapi. Boleh kalau mau pakai kaldu udang atau kaldu ayam.




MISOA KUAH

Bahan :
Misoa secukupnya
1 liter air kaldu
3 siung bawang putih, memarkan dan tumis sebentar hingga harum
2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
10 butir bakso sapi, kerat jangan sampai terputus
200 gr udang
5 cabe rawit, iris halus (optional)
1 batang daun bawang , iris (lagi gak punya, saya pakai kucai)
1 buah tomat, belah 6
1 ikat sawi, potong-potong

Pelengkap :
Acar timun
Jeruk nipis

Cara Membuat :
1. Didihkan kuah kaldu, masukkan tumisan bawang putih kemudian bumbui dengan garam, merica dan gula pasir.
2. Masukkan cabe rawit, udang dan bakso, masak hingga matang dan test rasa hingga sesuai selera.
3. Masukkan sawi, daun bawang / kucai dan tomat, kemudian masukkan misoa. Masak sebentar saja karena misoa cepat lunak.
4. Angkat dan segera hidangkan hangat.



Alhamdulillah....nikmaaat lho. Cobain yuuk, mungkin bisa sesuai dengan selera keluarga.

Happy cooking...semoga bermanfaat ^^

NASI PANGGANG MOZZARELLA




Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah sampai di bulan Desember. Semoga senantiasa diberikan kesehatan ya serta diberi kelancaran dalam setiap urusan. Aamiin Allahumma Aamiin.

Postingan kali ini entah kapan bikinnya, kalau gak salah akhir Oktober deh hihihi. Resepnya sebenarnya sudah lama tayang di IG, tapi di blog belum ada. Kebetulan pas nemu file fotonya di laptop, ya wis laaah kita posting saja ya kakak.

Sisa nasi gak harus dijadikan nasi goreng kan. Sesekali kalau lagi rajin saya bungkusin daun dan dibikin nasi bakar atau dibuat nasi panggang ini. Eeeh beda ya nasi bakar dan nasi panggang? Kalau saya bikin yang dibungkus daun berarti maksudnya nasi bakar, kalau ditaruh di ramekin berarti nasi panggang hahahah. Ngasal banget deh bunda ini.

Nasi panggang ini gampang banget dikreasikan sesuai bahan-bahan yang kita punya. Bisa pakai jamur, ayam, kornet, sosis, jagung manis, telur atau bahkan peperoni. Naah saya cuma punya daging giling dan telur aja nih plus keju tentunya, jadi ya pakai itu aja. Untuk sausnya saya pakai saus bolognese homemade, boleh laaah kalau males bikin trus beli yang siap pakai di supermarket ituuh. Nasi yang digunakan juga gak harus sisa nasi putih, enak juga kalau pakai nasi merah atau nasi mix. Sausnya juga gak harus saus bolognese, boleh lah pakai saus putih atau kalau yang di supermarket itu ada berbagai variasi saus spaghetti ya.  Resepnya gak harus sesuai dengan yang saya share ya, seringnya saya malah gak pakai takaran asal main cemplang cemplung aja. Ini sengaja ditulisin biar lebih mudah dimengerti aja. Yang penting mah kita test rasa dan udah sesuai selera ya brarti udah oke.


 Sesaat sebelum dituangi saus bolognese dan diberi topping.




NASI PANGGANG MOZZARELLA


Bahan :
3 piring nasi 
2 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
1/2 butir bawang bombay. cincang halus
150 gr daging giling atau kornet
2 butir telur, kocok lepas dan buat orak arik
2 sdm margarin
1 batang daun bawang, iris halus
Garam, merica bubuk secukupnya
Keju cheddar dan mozzarella secukupnya
Saus bolognese secukupnya

Topping :
Keju mozzarella
Oregano

Cara Membuat :
1. Siapkan pinggan, oles tipis margarin. Sisihkan.
2. Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu. Masukkan daging giling, aduk hingga berubah warna.
3. Masukkan telur orak arik. Aduk hingga rata.
4. Masukkan nasi, bumbui dengan garam dan merica. Aduk hingga rata dan test rasa hingga sesuai selera kemudian masukkan daun bawang. Aduk rata dan matikan api.
5. Tuang nasi di pinggan, taburi keju cheddar yang dipotong dadu kemudian tuang saus bolognese.
6. Beri topping keju mozzarella dan oregano.
7. Panggan selama kurang lebih 25 menit atau hingga keju meleleh.
8. Angkat dan sajikan hangat.




Motretnya kelamaan yaaa, jadi gak keliatan deh waktu si mozza ini meleleh-leleh gitu hihihi. Harap maklum yaaa

Happy baking...semoga bermanfaat ya ^^

BAKED SPICY CHICKEN WINGS



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Satu lagi menu olahan ayam yang selalu jadi favorit keluarga saya, yaitu baked spicy chicken wings atau lebih gampangnya sayap ayam pedas panggang hihihi. Untuk penggemar chicken wing wajib banget lho nyobain bikin menu yang satu ini. Ada kan ya di resto waralaba terkenal itu tapi tentunya harganya mahal donk ya. Lebih ngirit dan puas kalau bikin sendiri hihihi. Maklum emak-emak pengiritan niiih.

Bikinnya super gampang kok, bahan-bahannya juga mudah didapatkan. Memang sih waktu pemanggangan lumayan lama, tapi kan bisa disambi juga untuk mengerjakan yang lain. Kaya saya niiih, pas ngoven malah ditinggal keluyuran ngurusin yang lain hahaha. Tapi dititipin orang rumah donk ya buat jagain ovennya. Pulang-pulang udah hampir matang deh, tinggal nungguin bentar aja. 

Baked spicy chicken wing ini gurih banget rasanya, ada sedikit rasa asam dari air lemon dan yang pasti rasanya pedas donk, namanya juga spicy. Kalau saya bikinnya gak terlalu pedas sih karena kasian anak-anak kalau kepedasan. Kalaupun gak suka pedas boleh laah diskip cabe bubuknya. Variasi resep baked chicken monggo bisa dicari di blog ya, ada beberapa resep juga yang sudah pernah saya posting.




BAKED SPICY CHICKEN WINGS

Bahan :
1 kg sayap ayam, lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan 15 menit lalu cuci bersih

Bumbu Marinasi :
3 siung bawang putih, haluskan
2 sdm air lemon
3 sdm saus tiram
1 sdm minyak wijen
1 sdt kecap asin
2 sdm madu
2 sdm cabe bubuk atau sesuai selera
1 sdt kaldu bubuk non MSG (optional)
1 sdt gula pasir
1/2 sdt garam

Cara Membuat :
1. Lumuri ayam dengan bumbu marinasi, aduk dan remas-remas hingga tercampur rata. Simpan di dalam kulkas selama minimal  jam, saya biasa menyimpan semalaman agar lebih meresap.
2. Tuang ayam beserta bumbu marinasi ke dalam wajan anti lengket, masak hingga 1/2 matang. Matikan api.
3. Tuang ke dalam loyang lalu oven dengan suhu 180'C selama kurang lebih 50-60 menit. Selama proses pemanggangan, sesekali bolak balikkan ayam sambil diolesi bumbunya.
4. Angkat dan sajikan dengan taburan cabe bubuk bila suka.




Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

BROWNIES KUKUS NCC



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Kangen lama gak bikin brownies kukus, jadi beberapa hari yang lalu diniatin lah untuk bikin. Setiap bikin brownies kukus yang jadi andalan tentu saja resep ala Ny. Liem dan NCC. Kedua resep tersebut sebenarnya mirip-mirip kok dan saya selalu suka hasilnya. Resep-resep tersebut juga sudah pernah saya posting, tapi karena kali ini saya lagi punya fotonya, jadi gak apa-apa ya resepnya saya tulis lagi hehehehe.

Setiap membuat brownies kukus saya suka menuangkan coklat glaze di atasnya. Ala-ala ganache gitu deh, tapi ini yang versi ekonomis karena hanya memakai susu cair dan cooking chocolate. Hasilnya nanti bisa set kok tapi tentu saja tidak sekeras kalau hanya memakai cooking chocolate yang dilelehkan saja. Lebih recomended kalau dicampur dengan susu cair seperti ini.

Ada pertanyaan dari beberapa teman yang bercerita kalau brownies kukusnya tidak bisa matang sempurna. Ternyata yang digunakan adalah loyang yang tinggi dan adonan langsung saja dituang. Sebenarnya bisa saja matang tetapi waktunya lebih lama. Untuk brownies kukus yang menggunakan loyang tinggi disarankan tidak menuang langsung semua adonan, bisa dibuat berlapis dengan atau tanpa filling. Fillingnya bisa memakai meises, keju slice atau adonan dicampur dengan susu kental manis seperti yang sering saya buat. Kalaupun tidak menggunakan filling juga gak apa-apa tetep enaak. Apabila loyang yang dipakai adalah loyang dengan tinggi sekitar 3-4 cm, bisa langsung dituang ya semua adonannya.




BROWNIES KUKUS NCC

Bahan A :
6 butir telur
225 gr gula pasir
1/2 sdt emulsifier
sejumput garam

Bahan B :
35 gr coklat bubuk (saya pakai bensdrop)
150 gr tepung terigu
1/2 sdt vanilla

Bahan C :
100 ml minyak kualitas baik
50 gr butter
100 gr dark cooking chocolate (DCC), cincang
1 sdt pasta coklat (optional)

Bahan E (optional) :
2 sachet susu kental manis coklat / putih

Cara Membuat :
1. Panaskan kukusan, siapkan loyang, oles margarin atau minak, alasi kertas roti dan oles kembali. Sisihkan.
2. Bahan C : tim butter dan DCC hingga leleh, matikan api. Tuang minyak goreng, aduk hingga rata kemudian masukkan pasta coklat. Aduk, sisihkan.
3. Kocok bahan A hingga mengembang dan kental. Masukkan bahan B dengan cara diayak. Aduk hingga rata atau dikocok dengan mixer speed rendah.
4. Tuang bahan C, aduk balik hingga tercampur rata.
5. Ambil sedikit adonan, campurkan dengan bahan E, aduk hingga rata. Sisihkan.
6. Tuang sebagian adonan ke dalam loyang, kukus dengan api sedang selama kurang lebih 15 menit. Buka kukusan tuang adonan yang sudah dicampur susu kental manis. Kukus kembali selama sekitar 10 menit.
7. Tuang sisa adonan dan kukus hingga matang. Lakukan tes tusuk ya.
8. Angkat dan biarkan dingin.

CHOCOLATE GLAZE

Bahan :
100 gr susu cair
200 gr DCC cincang
2 sdm madu

Cara Membuat :
1. Panaskan susu, tidak usah sampai mendidih, cukup hingga ada gelembung kecil di pinggir panci. Matikan api.
2. Masukkan DCC cincang, aduk hingga rata dan leleh. Masukkan madu, aduk rata.
3. Siap digunakan.




Happy Steaming....semoga bermanfaat ya ^^

SUPER EASY APPLE TART



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Sekarang ini lagi ngetred ya apple pie dari salah satu resto waralaba terkenal itu. Banyak sekali yang posting di medsos tentang apple pie tersebut dan kayanya memang enaaak. Saya donk belum nyobain hahaha. Padahal aslinya mah pengen banget, pengen juga posting foto lagi megangin apple pie tersebut trus dishare ke IG, tapi ya itu sayangnya saya belum nyobain hihihi.

Nah ngomong-ngomong soal apple pie, itu favorit keluarga saya bangeet. Mulai dari yang memakai crust pie, seperti yang pernah saya posting disini atau yang memakai puff pastry jadi ala apple turnover seperti yang saya posting disini atau bahkan yang memakai spring roll pastry seperti disini. Tuuh kan banyak sekali variasinya dan semua saya suka hihihi. Pokoknya kalau mengolah yang memakai apel gini pasti cepat habisnya deh alias laris manis.

Kali ini saya membuat super easy apple tart. Dinamakan super easy karena memang praktis banget karena saya memakai puff pastry siap pakai. Kalau mau bikin sendiri pastinya tambah oke, tapi ntar namanya jangan pakai super easy yaa hehehe. Terinspirasi dari Namiko Chan yang memang saya suka banget jalan-jalan ke blognya.





 Sesaat sebelum dimasukkan ke dalam oven

Apple tart ini lumayan banget untuk cemilan atau sekedar teman ngeteh. Pasti banyak yang suka deh. Manis segar apel dengan aroma kayu manis dipadukan dengan puff pastry yang renyah...duuuh pokoknya enaaak.

SUPER EASY APPLE TART

Bahan :
2 lembar puff pastry siap pakai
3 buah apel, kupas dan iris tipis
1.5 sdm butter, potong dadu
2 sdt gula halus + 1 sdt kayu manis bubuk
Margarin secukupnya

Bahan Olesan :
1 kuning telur + 1 sdm air ---> aduk hingga rata

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 200'C, siapkan loyang, alasi dengan silpat atau kertas roti. Letakkan kertas roti di atasnya.
2. Oles puff pastry dengan margarin dengan menyisakan sedikit space di pinggir puff pastry. 
3. Tusuk-tusuk bagian tengah puff pastry yang sudah dioles margarin kemudian tata irisan apel.
4. Oles bagian tepi puff pastry dengan bahan olesan.
5. Taburi irisan apel dengan campuran gula halus dan kayu manis bubuk kemudian letakkan potongan butter di atasnya.
6. Panggang selama kurang lebih 25 menit hingga kecoklatan.
7. Angkat, potong-potong sesuai selera dan sajikan dengan taburan gula halus + kayu manis bubuk bila suka.



Happy baking...semoga bermanfaat ya ^^

POP CHOP SALAD



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Siapa yang suka menikmati salad dingin hayoo? Kalau ada yang nanya gitu pasti saya dan suami langsung tunjuk jari deh hihih. Bahkan suami saya bisa dikatakan sangat hobi dengan salad. Waktu kami berdua safar ke tanah suci selama hampir 1 bulan, beliau selalu memilih menu salad saat jam makan daaan memang kayanya salad disana enak-enak deh hihihi. Sampai sekarang pun salad dengan aneka dressing masih selalu jadi favorit. 

Beberapa waktu yang lalu saya membaca resep salad di iklan produk dressing salad di majalah. Langsung pengen nyobain donk, apalagi saya memang pakai dressingnya. Namanya juga pemalas, niatnya entah sejak kapan, eeeh bikinnya baru di bulan ini. Padahal itu majalah terbitan bulan September hihihi. Harap dimaklumi yaa, lebih baik telat bikinnya daripada niat doank tapi gak bikin-bikin. Heuheuheu..mulai ngeles-nya >_<

Pop chop salad ini sebenarnya salad sayur biasa yang dipadukan dengan irisan ayam yang digoreng tepung dan memakai dressing thousand island. Sayurannya menyesuaikan aja yang ada di rumah ya. Kali ini saya memakai selada, kol, kol merah dan tomat aja. Sebenarnya saya punya juga stok jagung manis, tapi lupa hihihi. Alternatif lain bisa juga memakai lettuce, paprika atau bahkan irisan wortel ya. Disesuaikan aja dengan selera deh yaa.


 Sesaat sebelum dituang dressing. Tuuh keliatan kan sayuran yang dipakai ^^




POP CHOP SALAD

Bahan :
200 gr filet paha ayam, potong-potong
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
---> aduk rata semua bahan dan simpan di kulkas selama 30 menit

Bahan Pelapis :
75 gr tepung terigu
75 ml air dingin
Garam, merica bubuk, kaldu bubuk non MSG secukupnya
1 sdm wijen sangrai
---> campur dan aduk hingga rata

Bahan Salad :
Selada, iris kasar
Kok, iris kasar
Kol ungu, iris kasar
Tomat, potong dadu atau bisa juga memakai tomat cherry
atau sayuran sesuai selera

Bahan Lain :
Salad dressing thousand islan atau sesuai selera
Wijen sangrai untuk taburan
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :
1. Siapkan bahan salad dan dinginkan di kulkas.
2. Masukkan potongan ayam ke bahan pelapis, aduk hingga rata.
3. Panaskan minyak, goreng potongan ayam hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
4. Siapkan piring saji, tata salad di atasnya, beri potongan ayam dan siram dengan salad dressing. Taburi wijen sangrai.
5. Segera sajikan.

Gampang dan praktis sekali kan. Semoga bisa menginspirasi yaa.

Selamat mencoba ^^

FLUFFY BANANA PANCAKE



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Happy weekend guys! Selamat menikmati waktu bersama keluarga ya. Besok hari Minggu yang gak punya acara kemana-mana, boleh lah dicoba untuk masak bareng anak-anak di rumah. Dapur berantakan? Itu pasti, namanya juga masak bareng anak-anak. Waktu memasak jadi molor lebih lama? It's oke, ntar abis masak bisa leyeh-leyeh hihihi. Namanya juga menikmati quality time bersama keluarga, sesekali boleh lah ya quality time dilakukan di dapur hehehe.

Salah 1 menu yang gampang dibuat ketika bersama anak-anak adalah pancake. Bikinnya cepat dan praktis, bisa dikreasikan pula dengan topping sesuai selera keluarga. Pancake yang saya buat kali ini adalah fluffy banana pancake. Kebetulan kemarin masih ada sisa 1 buah pisang ambon yang mulai menghitam. Paling enak dibuat cake nih, tapi tanggung amat ya karena cuma 1. Akhirnya saya bikin pancake aja. Aroma pisangnya enak banget lho ditambah tekstur pancake yang fluffy, dijamin empuuk. Tekstur yang fluffy ini didapatkan dari penggunaan telur yang dipisah kuning dan putihnya. Cobain yuuk, recomended banget nih resepnya.


 Tumpukan pancake yang menul-menul. Enaak deh, empuk ^^

FLUFFY BANANA PANCAKE

Bahan :
200 gr tepung terigu
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
70 gr gula pasir halus
2 kuning telur (saya pakai 3 kuning telur)
1 buah pisang ambon, haluskan (berat sekitar 100 gr)
115 margarin, lelehkan
400 ml buttermilk (dibuat dari susu cair yang diberi air lemon atau air jeruk nipis)
1/2 sdt vanilla paste
2 putih telur
1 sdm olive oil

Cara Membuat :
1. Dalam wadah, campur dan ayak tepung terigu, baking powder dan soda kue kemudian tambahkan gula halus. Aduk rata dan sisihkan.
2. Dalam wadah lain, campurkan pisang yang sudah dihaluskan, kuning telur, margarin leleh, buttermilk dan vanilla paste. Aduk hingga rata.
3. Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit ke dalam campuran pisang, sambil diaduk menggunakan hand whisk. Aduk hingga teksturnya halus dan tidak bergerindil. Sisihkan.
4. Kocok putih telur hingga soft peak (apabila gagang mixer diangkat, putih telurnya akan membentuk jambul melengkung). Tuang 1/3 bagian adonan ke dalam kocokan putih telur, aduk rata menggunakan spatula kemudian tuang kembali ke adonan. Aduk balik hingga tercampur rata.
5. Masukkan olive oil, aduk rata.
6. Panaskan wajan anti lengket, tuang adonan menggunakan sendok sayur dan masak hingga matang dan kedua sisinya berwarna kecoklatan.
7. Sajikan hangat dengan topping favorit.

Untuk toppingnya saya memakai ganache. Boleh juga memakai madu, aneka selai buah, selai coklat atau bahkan sirup maple. Sesuai selera aja ya. Ganache yang saya pakai ini adalah ganache siram, makanya bisa kinclong gitu ya. Biasanya saja pakai untuk siraman opera cake. Karena hanya untuk topping pancake, jadi saya bikin sedikit aja.

GANACHE SIRAM / CHOCOLATE GLAZE

Bahan :
40 gr whipcream cair
60 gr dark cooking chococate, cincang
2 sdm madu
1/2 sdm olive oil / minyak goreng

Cara Membuat :
1. Panaskan whipcream cair, jaga agar jangan sampai mendidih ya, cukup hingga timbul gelembung-gelembung kecil di tepi panci. Matikan api.
2. Masukkan DCC cincang, biarkan 5 menit hingga coklat leleh kemudian aduk-aduk menggunakan whisk hingga licin dan rata.
3. Masukka madu dan olive oil. Aduk hingga rata.
4. Siap digunakan



Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

TAHU BULAT



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Tahu kekinian niih. Kalau di tempat saya, tahu bulat ini baru ngetrend, sedangka di daerah Jawa Barat kayanya udah lama populer ya. Di tempat saya tahu bulat ini ada dijajakan menggunakan mobil pick up. Ntar tahu itu digoreng di bak belakang mobil sambil jalan pelan-pelan, lengkap juga dengan lagunya lho hihihi. 

Saya pastinya penasaran donk, tapi belum pernah beli. Ngerasain tahu bulat ya karena dikasih teman-teman saya yang sudah pernah bikin. Ternyata bikinnya gampang lho tapi habisnya juga cepat. Tahu masih digoreng, yang antri udah banyak hahaha. Kayanya kalau saya jualan tahu bulat bakal laris kali ya eaaaa.

Saya sudah beberapa kali membuat tahu bulat, mulai dari yang tanpa telur trus tahu langsung digoreng sampai akhirnya baca di cookpad kalau tahu disimpan dulu di kulkas sebelum digoreng. Ternyata memang beda hasilnya. Tahu yang langsung digoreng, hasilnya gak sebagus yang disimpan dulu di kulkas. Sedangkan tahu bulat tanpa telur, tentu saja tidak akan mulus karena memang telur itu sebagai perekatnya.

Tahu bulat ini enak sekali disajikan dengan sambal kecap, itu versi saya lho yaa karena saya kurang suka petis. Kalau mau pakai saus sambal juga enak atau sekedar gigit rawit. Atau boleh juga cobain versi anak saya, tahu bulat dicocol saus mayo hihihi. Ternyata cocok-cocok aja kok.




 Sesaat sebelum digoreng, setelah dikeluarkan dari kulkas

Yuuk..yuuk yang mau coba bikin tahu bulat sendiri di rumah. Gampang dan lebih terjamin kan, jadi kita juga gak was-was kalau anak kita makan banyak hihihi.

TAHU BULAT

Bahan :
700 gr tahu putih
3 kuning telur
3 siung bawang putih, haluskan
2 sdt kaldu bubuk non MSG
1,5 sdt baking powder
Garam, merica bubuk secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :
1. Hancurkan tahu hingga halus kemudian peras dengan memakai serbet bersih agar kadar airnya berkurang.
2. Campurkan tahu dengan telur, baking powder, bawang putih, garam dan merica. Aduk hingga rata kemudian test rasa degan cara menggoreng sedikit adonan tahu.
3. Bentuk bulat tahu hingga mulus, tata di loyang atau wadah kemudian simpan di kulkas selama kurang lebih 3 jam.
4. Keluarkan tahu panaskan minyak dan goreng tahu hingga kecoklatan. Gunakan api sedang saja ya dan tahu jangan terlalu sering dibalik agar tidak "ambyar"
5. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat dengan sambal favorit atau petis.

Notes :
1. Kaldu bubuk non MSG saya pakai merk Alania, ada juga merk Asultan.
2. Gunakan plastik ketika membentuk tahu atau olesi tangan dengan sedikit minyak agar tidak lengket.
3. Agar tahu "kopong" di dalamnya, goreng agak lama dengan api sedang cenderung kecil.




Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

KEPITING SAUS MENTEGA



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Haloo...lama ya update blog, lagi kumat penyakit malesnya nih. Biasaa lagi sok sibuk, jadi kalau malam udah gak mikir lagi duduk manis buat ngeblog. Liat bantal dan guling aja yang sudah melambai-lambai hahaha. Kali ini juga gak bisa lama-lama, jadi posting kilat aja ya.

Kebetulan kemarin mbak tukang sayur langganan bawa kepiting nih, cuma 2 ekor aja, berat 500 gr. Ya wis lah saya beli aja karena ingat beberapa waktu yang lalu kakak Naira bilang pengen makan kepiting. Sebenarnya saya mah suka males masak kepiting, karena gak pernah makannya hahahah. Maksudnya sih suka gak tega ikutan makan karena anak-anak suka banget. Kalau udah masak kepiting, pak suami yang selalu mbongkarin kepitingnya, ngorek-ngorek buat ambil dagingnya. Daaan...nasibnya nyaris mirip saya, cuma kebagian sedikit hihihi. Yang penting mah anak-anak suka ya. Favoritnya ya dimasak mentega ini, atau saya masak saus padang yang agak pedas.  Enak juga kalau disaus tiram ya, aaah namanya juga kepiting diapain aja enak deh.



KEPITING SAUS MENTEGA

Bahan :
2 ekor kepiting (500 gr)
Minyak goreng secukupnya
1 butir bawang bombay, iris memanjang atau bundar
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
5 sdm butter / margarin
5 sdm saus tiram
4 sdm kecap manis
2 sdm kecap inggris ( worcestershire sauce)
Garam dan merica bubuk secukupnya
1 batang daun bawang, iris

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, goreng kepiting hingga kemerahan. Angkat dan tiriskan,
2. Panaskan butter / margarin hingga leleh, masukkan bawang bombay dan bawang putih. Aduk hingga harum dan layu.
3. Masukkan saus tiram, kecap manis dan kecap inggris. Aduk-aduk hingga rata kemudian masukkan garam dan merica. Aduk rata.
4. Masukkan kepiting, aduk perlahan hingga kepiting tertutup saus, masak sebentar hingga meresap. Test rasa hingga sesuai selera ya.
5. Menjelang diangkat, masukkan irisan daun bawang.
6. Angkat dan segera sajikan.

Kalau bisa kecap inggris jangan diskip ya karena nanti rasanya akan beda. Kalaupun gak ada, ya gak apa-apa gak usah pakai, tapi nanti rasanya hanya akan gurih aja dan dominan rasa saus tiramnya. Seperti olahan saus mentega lainnya, keping saus mentega ini sebaiknya dimasak sesaat sebelum dihidangkan karena kalau kelamaan nanti menteganya akan "ngendal". Duuh apa coba bahasa Indonesianya. Maksudnya saus menteganya akan berubah menjadi padat gitu hihihi. Susah amat mau nulisnya.

Happy cooking...semoga bermanfaat ya ^^


DORAYAKI



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah

Yang suka nonton Doraemon pasti tahu banget ya dengan kue yang 1 ini, iyuup dorayaki adalah kue kesukaan Doraemon. Dorayaki adalah kue yang berasal dari Jepang dan termasuk dalam golongan kue tradisional Jepang atau disebut wagashi. Kue ini berbentuk bulat dan terdiri dari 2 lembar pancake yang diisi dengan filling kacang merah. Yang khas pada dorayaki adalah adonannya diberi madu sehingga teksturnya menjadi lembut. Pada perkembangannya dorayaki tidak hanya berisi selai kacang merah, kita dapat membuat isisan sesuai selera.

Sejak jaman SD dulu saya nonton Doraemon dan hanya bisa membayangkan rasa dari pancake ala Jepang ini. Kalau dulu saya yang penasaran dengan dorayaki sekarang giliran anak saya yang pengen ngerasain. Pertama beli di supermarket, yang merk roti terkenal itu lho, kan juga punya dorayaki. Ternyata adek suka banget dan itu berarti saya harus bisa bikin dorayaki sendiri.

Membuat dorayaki cukup simpel, mirip laah dengan pancake, kan emang pancake dari Jepang yaa. Enak dan praktis untuk sarapan pagi, bikinnya cepat dan cukup mengenyangkan. Favorit anak-anak saya adalah dengan memberi isian selai coklat atau keju. Enak juga diberi isian selai kacang atau aneka selai buah.



Resep dorayaki yang biasa saya pakai adalah resep dari Nami - "Just One Cookbook". Beliau adalah foodblogger yang berasal dari Jepang dan sekarang tinggal di Amerika. Banyak resep-resep asyik disana lho, salah 1 nya ya resep dorayaki andalan ini ^^

DORAYAKI

Bahan :
4 butir telur
130 gr gula pasir
2 sdm madu
1 sdm olive oil
160 gr tepung terigu serbaguna
1 sdt baking powder
1 sdm air

Cara Membuat :
1. Dalam wadah, campurkan telur dan gula pasir, aduk rata menggunakan hand whisk.
2. Masukka madu dan olive oil, aduk hingga rata.
3. Masukkan tepung terigu dan baking powder dengan cara diayak sambil diaduk hingga rata dan teksturnya halus. Tutup dengan plastik wrap kemudian simpan di kulkas selama 15 menit.
4. Keluarkan adonan dari kulkas, siapkan wajan anti lengket tanpa dioles apapun. Sendokkan adonan dan biarkan hingga berlubang-lubang kecil. Masak hingga kecoklatan, balik dan masak sebentar hingga matang.
5. Angkat dan lakukan hingga habis.
6. Sajikan hangat dengan isian favorit



Empuuuk banget, enak deh pokoknya. In syaa Allah anak-anak pasti suka, apalagi kalau anaknya penggemar Doraemon bisa tambah semangat makannya hihihi.

Happy Baking...semoga bermanfaat ya ^^

MANTOU ISI AYAM TERIYAKI





Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Alhamdulillah bulan baru lagi, gak terasa sudah sampai di November, sudah menjelang akhir tahun. Semoga senantiasa diberikan kesehatan dan dimudahkan segala urusan. Aamiin Allahumma Aaminn.

Kalau sedang jalan ke supermarket, sukanya liat apa hayo? Kalau saya mah tentu saja di bagian buah dan sayur. Seneng banget liat aneka buah dan sayur yang segar berwarna-warni. Biasanya dari situ saya bablas ke kulkas untuk ngeliatin deretan juice dan yogurt baru deeh ngintip-ngintip bagian frozen food. Ibu-ibu bangeeet deh ya hihihi. Nah kalau pas lagi di bagian frozen food, cobain deh beli mantou.

Mantou adalah sejenis roti kukus yang berasal dari Cina, biasa disebut juga sebagai Chinese steam buns atau Chinese bread. Kalau di supermarket kita bisa menjumpai mantao dengan aneka rasa dan juga yang plain. Mantou tersebut bisa dikonsumsi dengan cara mengukusnya kembali atau ada juga yang digoreng. Saya sendiri lebih suka dengan mantou versi kukus karena lembuuut dan bisa divariasikan dengan berbagai isian. Saya belum pernah membuat mantou sendiri, in shaa Allah ntar pengen nyobain bikin aah.

Mantou plain yang sudah diberi isian ini cukup mengenyangkan dan bisa disajikan untuk sarapan ataupun makan malam. Misalnya nih ya kalau saya lagi bosen sarapan nasi pecel, gantian saya sarapan dengan mantou hihihi. Mantou juga cocok dijadikan bekal lho dan kita bisa berkreasi dengan isiannya. Kalau saya sih berkreasinya menyesuaikan bahan yang ada di dapur hehehe. Kali ini saya membuat isian mantou yang terbuat dari ayam saus teriyaki. Selain menggunakan ayam, enak juga memakai beef, tuna, jamur atau bahkan udang. Cukup ditumis-tumis aja, dipadukan dengan sayuran, udah jadi mantou isi spesial.






Selain dibumbu saus teriyaki, ayam isian mantou ini enak juga dibumbu lada hitam, saus tiram, saus asam manis atau bahkan saus kecap. Mau bikin isian mantou yang antimainstream? Cobain deh mantou yang diisi daging rendah. Masya Allah nikmaaat.  Kali ini sih bikinnya yang simpel-simpel aja yaa.

MANTOU ISI AYAM TERIYAKI

Bahan :
8 buah mantou plain
300 gr fillet ayam, potong dadu kecil
1 bawang bombay, iris halus
1 sdm tepung sagu / tapioka
100 ml air
2 sdm minyak

Bumbu Marinasi :
3 siung bawang putih, haluskan
3 sdm saus teriyaki
1 sdm saus tiram
2 sdm kecap manis
1 sdt kecap asin
1/2 sdt merica hitam butiran, uleg kasar
1 sdt minyak wijen

Pelengkap :
Daun selada
Wijen sangrai

Cara Membuat :
1. Campur semua bumbu marinasi, aduk hingga rata kemudian masukkan potongan ayam. Aduk rata dan diamkan minimal 1 jam dalam kulkas. Saya biasanya disimpan semalaman di kulkas dan dipakai keesokan pagi untuk sarapan.
2. Keluarkan potongan ayam yang sudah dimarinasi dari kulkas dan beri tepung sagu. Aduk hingga rata.
3. Panaskan minyak, tumis bawang bombay hingga layu dan harum kemudian masukkan ayam. Aduk rata hingga berubah warna.
4. Tuang air, masak hingga ayam matang dan air menyusut. Test rasa hingga sesuai selera, matikan api.
5. Alasi frozen mantou dengan kertas roti atau daun kemudian kukus sebentar.
6. Keluarkan mantou dari kukusan , belah bagian tengahnya jangan terputus kemudian beri isian selada dan ayam. Taburi dengan wijen sangrai.
7. Siap disajikan.



Ayam bumbu teriyaki ini enak juga kalau dijadikan lauk lho, dinikmati dengan nasi putih hangat...tuh si adek lahap makannya. Kebetulan ayamnya masih tersisa dan simpan di kulkas. Keesokan harinya, ayam teriyaki ini saya "permak sedikit", rebus mie, bikin kuah kaldu dari stok kaldu di freezer, goreng krupuk pangsit...voilaaa jadi deh mie ayam untuk sarapan hahaha. Emak-emak kepepet nih ceritanya >_<

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

LEMPER BAKAR ISI ABON ROA



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Lemper bakar yang saya buat beberapa waktu yang lalu, baru sempat muncul di blog sekarang. Resepnya sudah duluan saya tulis di IG dan sebenarnya masih banyak resep yang belum sempat saya tuliskan di blog. Akhir-akhir ini memang IG lebih update ya, karena memang lebih praktis saya bisa posting via hape saja. Kalau ngeblog pakai hape bisa mumet sayanya karena hape saya mah hape jadul nan mungil hihihi. Tapi bagaimanapun saya tetap cintaah dengan blog saya ini karena proses belajar saya di dapur bisa diikuti di blog ini. Yaaa...walaupun blog ini isinya masih gitu-gitu aja euy, maklum emak-emak nih ya, kadang lebih susah proses belajarnya, giliran ada luang untuk belajar eeeh..malesnya datang >_<

Ngelantur kemana-mana deh, balik lagi ke lemper bakar ya. Beberapa waktu yang lalu saya dapat kiriman abon roa khas Manado. Selain enak dinikmati dengan nasi yang masih ngebul-ngebul, abon roa ini juga saya olah menjadi nasi bakar. Bisa dilihat di IG ya, nasi bakar yang memakai abon roa. Selain nasi bakar, saya juga membuat lemper bakar yang diisi abon roa. Kalau di Manado sana kan terkenal dengan lalampa, yang mirip lemper namun dibakar dan berisi cakalang pampis. Yang ini biarpun mirip dengan lalampa, saya tetap nyebutnya dengan lemper bakar saja ya, karena memang kalau lalampa kan identik dengan cakalang pampis.

Di tempat saya, lemper bakar juga banyak penggemarnya. Menurut saya aromanya lebih nikmat dibanding lemper biasa, walau semua balik lagi ke masalah selera sih. Kalau lemper biasa kan setelah dibentuk dan dibungkus daun udah jadi deh. Bahkan sekarang ini kebanyakan mbungkusnya gak pakai daun tapi memakai plastik khusus lemper yang berwarna mirip daun pisang muda. Jadi daun pisangnya cuma dikit, cuma untuk melilit lemper aja hehehe. Nah kalau lemper bakar pastinya full dibungkus daun donk ya, makanya aromanya lebih nikmat.



Lemper memang jadi salah satu isian snack box favorit saya, bahkan demikian halnya dengan anak-anak saya. Hoby deh makan lemper. Biarpun jadi favorit, saya suka males bikinnya. Selain lumayan lama, saya juga suka gak beres kalau dalam hal bungkus membungkus pakai daun hihihi. Tuuuh liat tuh bungkusan lemper saja jadinya ajaib gitu. Bisa juga sih bikin lemper anti ribet, yaitu dengan menggunakan loyang atau pyrex. Ketan cukup ditata di loyang kemudian beri isian dan tutup lagi dengan ketan. Ntar kalau mau makan tinggal diiris-iris, praktis kaaan. Jadinya memang gak mirip lemper yang identik dengan dibungkus daun pisang, tapi lumayan laah bisa jadi solusi kalau pengen mengurangi keribetan kalau pas bikin lemper heuheuheu.

Monggo kalau ada yang berkenan mencoba resep lemper ala saya. Kalau gak punya abon roa, boleh lah pakai abon ayam atau sapi. Yang lebih siiip ya tentunya isi ayam suwir, haduuuh itu lebih enak.

LEMPER BAKAR ISI ABON ROA

Bahan :
500 gr beras ketan putih, direndam minimal 3 jam (saya biasanya direndam semalaman, paginya baru diolah)
200-250 ml santan dari 1 butir kelapa
1 sdt garam
2 daun pandan, simpulkan
Abon roa untuk isian secukupnya

Cara Membuat :
1. Kukus ketan bersama daun pandan hingga 1/2 matang kemudian pindahkan ke panci dan beri santan dan garam. Aduk hingga rata.
2. Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk hingga santan habis.
3. Pindahkan lagi ke kukusan dan kukus hingga matang.
4. Panas-panas pindahkan ketan ke loyang atau wadah datar dan biarkan hangat. Pulung dan beri isian kemudian bentuk lonjong.
5. Bungkus dengan daun dan bakar sebentar hingga daun layu.
6. Angkat dan siap disajikan



Enaknya kalau bikin lemper sendiri tuh isinya sesuka hati alias berlimpah heheheh. Jadi puas kan makannya. Alhamdulillah, abon roa ini juga enak untuk isian lemper.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

TUNA MELTED SANDWICH



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Postingan tentang salah satu menu sarapan praktis adalah membuat sandwich. Kalau yang super praktis bagi saya adalah, sandwich berisi telur ceplok, keju slice, selada, timun plus tomat ditambah dengan pelengkap saus mayo. Sandiwch seperti itu selalu jadi favorit, terutama suami saya. Tak heran kalau suami akan keluar kota, saya lebih milih membawakan bekal sandwich aja karena super praktis hihihi.

Kali ini saya membuat tuna melted sandwich. Kebetulan saya dan suami suka sekali dengan tuna sandwich salah satu bakery terkenal di Surabaya, tapi harganya maharani hahaha. Ternyata membuat sendiri juga bisa dan gak kalah enak kok. Roti tawarnya boleh dipanggang sebentar atau tanpa dipanggang juga oke. Kali ini saya membuat versi yang dipanggang dulu. Tuna melted sandwich ini terinspirasi dari kakak Eliza Setiawan yang jago banget bakingya. Syukron koir ya kakak ^^





Tuna melted sandwich ini terdiri dari 2 lapisan, kalau mau dibuat 3 lapisan seperti di foto juga boleeeh hihihi. Lapisan tersebut adalah lapisan tuna dan lapisan telur. Salah satu bahan yang digunakan untuk membuat lapisan telur adalah cheese spread atau "selai keju". Kalau tidak punya boleh diganti dengan keju parut kok. In shaa Allah tetap enak.

TUNA MELTED SANDWICH

Bahan :
6 lembar roti tawar tanpa kulit
Daun selada
Timun, iris tipis
Tomat, itis tipis

Bahan Tuna Melt :
4 sdm tuna chunk (saya pakai yang kalengan)
1/2 sdt lada hitam butiran, uleg kasar
2 sdm mayonaise
--- > aduk rata semua bahan, tunanya tidak usah sampai hancur banget ya

Bahan  Mashed Egg :
2 butir telur rebus, hancurkan kasar
1 sdm mayonaise
2 sdm cheese spread
1/2 sdt lada
---> aduk rata semua bahan

Cara Membuat :
1. Ambil selembar roti tawar, boleh dipanggang sebentar atau tidak. Oles dengan mayonaise, tata selada di atasnya, lalu oles dengan mashed egg. Tutup lagi dengan selembar roti.
2. Oles lagi roti kedua dengan mayonaise atau boleh dengan saus sambal bila suka lalu tata irisan tomat dan timun. Oleskan tuna melt dan tutup dengan roti. Boleh juga dibuat 4 lapis seperti di foto, silahkan sesuaikan dengan selera aja.
3. Sajikan atau panaskan sebentar di teflon.

Praktis banget disajikan untuk sarapan kan dan cukup mengenyangkan. Kalau belum kenyang boleh laaah nambah lontong sayur atau nasi pecel...eeeeh >_<

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

SAYUR DAUN SINGKONG



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Ini adalah salah satu sayur kesukaan saya, yuuup sayur daun singkong. Boleh lah kalau dibilang gulai daun singkong, karena memang terinspirasi dari gulai daun singkong. Saya mah nyebutnya sayur daun singkong karena memang dibuat ala-ala saya yang mungkin berbeda dengan gula daun singkong versi aslinya. Saya mulai suka dengan sayur ini sejak hamil pertama, entah kenapa kok jadi hoby makannya. Bukan ngidam lho ya karena makannya juga gak disengaja dan maksain untuk makan sayur ini hihihi. 

Sayur daun singkong ini enak sekali kalau "diduetkan" dengan sambal cabe hijau atau sambal lado mudo pleeees ikan asin. Duuuh jangan kaget kalau nasi di magic com lebih cepat habis ya hahaha. Sayangnya sambal lado mudo dan ikan asinnya gak ikut kefoto nih karena memang belum bikin >_< Maklum setelah masak, foto-foto sebentar dan langsung cuzzz ngurus kerjaan. Nyambel dan goreng ikan asinnya dadakan aja menjelang makan siang. 

Kemarin itu ceritanya saya ngiler liat postingan sayur singkong mama Mitha di IG. Cerita saya kalau jadi pengen masak sayur daun singkong, eeeh rezeki sekali karena besoknya saya dapat kiriman seikat besar daun singkong yang masih muda-muda. Langsung deh nguprek masak sayur ini. Alhamdulillah keturutan juga kan. 




SAYUR DAUN SINGKONG 

Bahan :
2 ikat daun singkong, pilih yang muda ya
2 helai daun salam
3 helai daun jeruk
1 batang serai, memarkan
1 liter santan
garam, merica bubuk dan gula pasir secukupnya
3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
9 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir kemiri sangrai
1 sdt ketumbar
3 cm kunyit, bakar
3 cabe merah besar
5 cabe rawit (optional atau sesuai selera)
1 ruas lengkuas

Cara Membuat :
1. Didihkan air dan rebus daun singkong, jangan terlalu lama ya. Tiriskan daun singkong dan iris. Sisihkan.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum kemudian masukkan daun salam, daun singkong dan serai.
3. Tuang santan, bumbui dengan garam, merica dan gula pasir kemudian masukkan irisan daun singkong.
4. Masak sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah. Test rasa hingga sesuai dengan selera.
5. Angkat dan siap disajikan.

Kalau di rumah punya stok bumbu dasar kuning, bisa banget langsung dipakai untuk membuat sayur singkong ini. Ntar tinggal nambahin cabe giling biar warnanya kemerahan, tanpa cabe giling dan tetap berwarna kuning juga tetap enaaak kok. Cuma saya memang suka kalau sayur ini ada semburat pedasnya.

Happy cooking...semoga menginspirasi yaa ^^

CAKE LABU (KABOCHA)



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Cake labu ini saya buat minggu lalu untuk memberdayakan sisa pure kabocha di kulkas. Jadi dari 1 buah kabocha ukuran mungil ini dapat dimanfaatkan untuk 2 macam snack, yang pertama saya buat adalah talam kabocha dan sisanya dibuat cake labu ini. Kalau ingin menggunakan labu parang biasa juga oke, mungkin hanya akan berbeda warna cake-nya. 

Cake labu ini cukup mudah cara pembuatannya. Teksturnya padat tetapi tetap moist karena penggunaan labu. Mirip-mirip dengan banana cake ya, cuma ini diganti menggunakan labu. Bisa divariasikan dengan tambahan berbagai bahan, misalnya memakai chocochips atau keju, topping almond keju atau bahkan menggunakan cream cheese untuk filling. Saya yang lagi kehabisan bahan-bahan di kotak ajaib jadinya cuma memakai taburan gula halus + kayu manis bubuk aja hihihi.




Untuk membuat cake ini disarankan memakai full butter karena membuat tekstur lebih moist dan aromanya lebih enak, tetapi kalau mau dimix margarin juga gak apa-apa. Bahkan kalau pakai full margarin juga oke, in shaa Allah tetap enak cake-nya. Monggo yang ingin mencoba resepnya, gampang dan cepat dengan bahan-bahan yang sederhana.

CAKE LABU

Bahan :
115 gr butter (boleh dimix margarin)
200 gr gula pasir
2 butir telur
1/2 sdt vanilla
225 gr tepung terigu serbaguna
1/2 sdt soda kue
200 gr pure labu (saya pakai kabocha)
65 ml buttermilk (bisa diganti susu atau yogurt cair)

Taburan (optional) :
Kayu manis bubuk + gula halus

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C, siapkan loyang (saya pakai loyang loaf), oles margarin, alasi kertas roti dan oles kembali. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu dan soda kue. Sisihkan.
3. Kocok butter dan gula hingga tercampur rata kemudian masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok hingga rata.
4. Masukkan vanilla dan pure labu, kocok hingga rata. Matikan mixer.
5. Masukkan terigu, aduk dengan spatula asal rata saja. Jangan overmix ya.
6. Masukkan buttermilk, aduk rata.
7. Tuang ke loyang, hentakkan perlahan untuk mengeluarkan udara dalam adonan kemudian panggang hingga matang. Oven saya kurang lebih 45 menit.
8. Angkat dan dinginkan di atas cooling rack kemudian beri taburan bila suka.



Dinikmati ketika masih hangat, enaaak banget. Manisnya pas menurut saya. Lumayan banget untuk teman ngeteh di sore hari atau bahkan untuk sarapan juga oke.

Happy baking....semoga bermanfaat ^^

KUE KU



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Halooo...apa kabar? Semoga selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT ya. Kali ini postingan saya masih tentang kue tradisional. Pastinya udah pada tau donk dengan kue merah ini, yuuup kue ku atau ada juga yang menyebutnya kue thok, kue kura-kura atau angku kuih. Kue ku adalah kue yang terbuat dari tepung ketan dengan isian kacang hijau. Konon kue kue sebenarnya berasal dari Cina dan identik dengan kue yang digunakan untuk sembahyangan orang Cina. 

Sejak saya masih kecil kue ku ini memang identik dengan warna merah, kalau ada yang menyebutnya dengan kue kura-kura karena memang cetakan kue ini yang populer adalah yang bermotif tempurung kura-kura. Kalau di Jawa ada yang menyebutnya dengan kue thok karena sewaktu mengeluarkan kue ini, cetakan kayu harus dipukulkan ke benda keras sehingga berbunyi "thok". Cetakan yang digunakan memang terbuat dari kayu tapi ketika saya hunting ternyata sudah susah sekali nyarinya. Ternyata sekarang kebanyakan menggunakan cetakan plastik dengan berbagai motif dan ukuran. Aiiih...gak potojenik ya kalau cetakannya plastik heuheuheu.

Sekarang ini ku ku tidak hanya berwarna merah dan berbentuk tempurung kura-kura. Yang lagi populer adalah kue ku dengan aneka warna yang berbentuk buah-buahan. Cantik-cantik deh sehinga cocok sekali dijadikan hantaran. Selain mempunyai bentuk dan warna yang beraneka ragam, kini kue ku juga divariasikan dengan menggunakan bahan lain, misalnya kentang, labu dan ubi. 

Ini adalah pertama kali saya membuat kue ku, jadiii...harap dimaklumi kalau bentuknya gak karuan kaya gini. Tuuh liat deh, motifnya juga gak keluar >_<  Kalau yang pakai cetakan aja masih berantakan gini, jadi kayanya gak akan deh saya bikin yang versi imut dengan aneka bentuk buah itu. Bisa-bisa ntar jadinya malah bulet-bulet semua mirip klepon hihihi. Sebenarnya saya mah juga kurang terlalu hoby dengan kue ku, tapi karena penasaran ya tetap belajar bikinnya. Kalau saya lebih milih onde-onde ya...teteup gorengan ya bund ^^






KUE KU / KUE THOK

Bahan :
250 gr tepung ketan
250 ml santan kental
75 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1/2 sdt pewarna merah atau sesuai selera
Daun pisang secukupnya

Bahan Isian :
200 gr kacang hijau tanpa kulit
100 ml santan sedang
200 gr gula pasir
1/2 sdt vanilli
1 helai daun pandan

Cara Membuat :
1. Isian : cuci bersih  kacang hijau kemudian kukus hingga matang dan dihaluskan. Campurkan dengan santan, gula psir, vanilli dan daun pandan kemudian masak dengan api kecil sambil diaduk. Masak hingga mengering dan dapat dibentuk. Sisihkan.
2. Didihkan santan dengan api sedang sambil sesekali diaduk. Matikan api dan sisihkan,
3. Campur tepung ketan, gula pasir dan garam kemudian tuangkan santan panas sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan sendok kayu. Beri pewarna secukupnya.
4. Uleni adonan hingga kalis, tidak lengket dan dapat dibentuk.
5. Bagi adonan menjadi beberapa bulatan sesuai ukuran cetakan, kemudian pipihkan dan beri isi di tengahnya dan bentuk bulat kembali sambil dirapikan.
6. Taburi cetakan dengan tepung ketan, letakkan bulatan yang sudah diisi ke cetakan, tutup dengan daun pisang dan tekan perlahan agar adonan padat memenuhi cetakan.
7. Balikkan cetakan dan keluarkan adonan bersama alas daun pisang. Kukus selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang. 

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^